BAB
I
PENDAHULUAN
1.2 Latar
Belakang
Komputer merupakan alat modern yang tidak bisa
dilepaskan dari kehidupan sehari-hari. Mulai dari mengerjakan pekerjaan kantor,
multimedia,bahkan hiburan. Dewasa ini perkembangan komputer semakin berkembang
dan masih akan terus berkembang tanpa batas. Kita sebagai manusia mau tidak mau
harus mengikuti perkembangan kemajuan teknologi khususnya bidang komputerisasi
agar kita tidak termakan oleh alat yang kita buat sendiri.
Hampir
seluruh aspek kehidupan manusia saat ini tidak dapat dilepaskan dari teknologi,
khususnya teknologi komputer. Dapat dilihat bahwa untuk menuliskan suatu
dokumen, orang cenderung sudah meninggalkan mesin ketik manual dan sudah
digantikan perannya oleh komputer. Kasir di suatu pertokoan besar (supermarket)
sudah menggunakan peralatan otomatis berupa komputer yang didisain khusus untuk
keperluan itu. Kumpulan lagu-lagu yang sebelumnya hanya dapat didengarkan
melalui media kaset atau piringan hitam, saat ini sudah mulai dikemas dalam
bentuk compact disk (CD) yang dapat didengarkan dengan menggunakan komputer
multimedia. Dan
masih banyak lagi bidang-bidang kehidupan manusia yang saat ini sudah
menggunakan peralatan komputer.
Ditengah kemajuan teknologi
komputer, apakah kita mengetahui perkembangan perangkat kerasnya ( hardware )?
Tentunya penting bagi kita untuk mengetahuinya agar kita bisa mengikuti
perkembangan tersebut dan dalam melakukan pembeliannya kita biasa membeli
dengan teliti serta menyesuaikan dengan kebutuhan kita. Atas dasar itulah paper ini disusun. Didalam paper ini akan dibahas mengenai
perkembangan perangkat keras (hardware ) komputer yang meliputi input, proses, output device serta
perangkat lunaknya (software).
1.2 Rumusan Masalah
Adapun rumusan masalah dari pembuatan paper ini adalah
sebagai berikut:
a.
Bagaimana
spesifikasi dari perangkat keras computer?
b.
Apa
saja komponen computer?
c.
Apa
pengertian computer?
d.
Apa
yang dimaksud dengan input, proses, output?
1.3 Tujuan
Adapun tujuan dari pembuatan paper ini adalah sebagai
berikut:
a.
Untuk
mengetahui apa saja perangkat keras pada computer.
b.
Untuk
mengetahui apa itu computer.
c.
Untuk
mengetahui spesifikasi perangkat computer yang baik.
d.
Untuk
mengetahui apa yang dimaksud dengan input, output, proses.
1.4 Manfaat
Manfaat dari pembauatan paper ini adalah sebagai
berikut:
a.
Pembaca
dapat mengetahui bagaimana spesifikasi computer yang baik.
b.
Pembaca
dapat mengetahui bagaimana perangkat computer bekerja pada pada computer.
c.
Pembaca
dapat mengerti bagaimna pengertian computer .
d.
Pembaca
dapat mengetahui apa yang dimaksud dengan input, proses, output.
BAB II
PEMBAHASAN
1. Pengertian
Komputer
Komputer merupakan sebuah system yang kompleks.
Istilah computer ini muncul dari bahasa latin “computare” yang berarti
menghitung. Hingga saat ini istilah computer telah didefinisikan dalam banyak
cara seperti:
a.
Menurut
Robert H. Blissmer istilah computer
adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan bebrapa tugas yaitu menerima
input , memproses input sesuai dengan programnya, menyimpan perintah dan hasil
dari pengolahan, serta menyediakan output dalam bentuk informasi.
b.
Menurut
Donald H. Sanders computer adalah
suatu system elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta
dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan
data inpu, memprosesenya, dan menghasilkan output dibawah pengawasan suatu langkah
– langkah intruksi – intruksi program yang tersimpan, di memori (storage
program).
c.
Sedangkan
menurut V.C Hamancer, Z.G. dan Vranesic, S.G.Zaky computer merupakan
mesin penghitung elektronik yang cepat, dapat menerima informasi input digital,
memprosesnya sesuai dengan suatu program yang tersimpan di memorinya dan
menghasilkan output informasi.
Dari
beberapa penjelasan diatas dapat saya simpulkan bahwa computer merupakan alat
pengolahan data yang menerima input, memproses inputan, menyimpan, dan memberikan
outputan berupa informasi yang bergna bagi pemakainya.
Secara
garis besar computer memiliki komponen utama yang terdapat dalam system
computer. Komponen utama komputer tersebut adalah komponen yang
harus ada pada sebuah sistem komputer, karena apabila salah satu komponen tidak
ada maka sistem komputerpun tidak akan berjalan dengan semestinya.
Komponen – komponen tersebut
adalah :
a.
Hardware
Hardware atau perangkat keras adalah komponen yang
dapat diraba dan dilihat yang membentuk suatu kesatuan.
b.
Software
Software
atau
perangkat lunak adalah program-program komputer yang berfungsi untuk
menjalankan suatu pekerjaan dan program tersebut ditulis dengan bahasa khusus
yang dimengerti komputer.
c.
Brainware
Brainware adalah orang-orang yang menggunakan komputer.
Seperti sistem analis, programmer, operator, user, dan lain-lain.
Secara garis besar yang paling berpengaruh pada system computer adalah
adanya hardware dan software yang mendukung kinerja computer. Hardware sendiri
terdiri dari 3 komponen yaitu :
-
Input
-
Proses
-
Output
Untuk lebih
detailnya tentang apa saja dan bagaimana
input, proses, serta output yang ada di computer akan dijelaskan pada
uraian selanjutnya.
2. Komponen Hardware
Komponen hardware atau yang lebih kita kenal dengan perangkat keras
computer yang meliputi system input, proses dan output dan selain ketiga
komponen tersebut storage device juga termasuk kedalam komponen hardware yaitu sebagai berikut:
2.1 Perangkat
Sistem Input
a. Pengertian
input
Input adalah
semua data dan perintah yang dimasukkan ke dalam memori komputer untuk
selanjutnya diproses lebih lanjut oleh prosesor. Sebuah perangkat input adalah
komponen piranti keras yang memungkinkan user atau pengguna memasukkan data ke
dalam komputer, atau bisa juga disebut sebagai unit luar yang digunakan untuk
memasukkan data dari luar ke dalam mikroprosesor.
b. Komponen
Input
Yaitu
sejumlah komponen atau alat yang digunakan user untuk memasukkan data ke dalam
komputer untuk diproses lebih lanjut agar menghasilkan informasi yang
dibutuhkan. Komponen – komponen input
device adalah sebagai berikut:
1. Keyboard
Keyboard berfungsi sebagai
penginputan data dari luar dengan cara diketikkan pada keyboard. Keyboard
biasanya menyerupai mesin ketik manual (untuk susunan peletakkan hurufnya).
Saat ini dipasaran telah beredar keyboard dengan mengadopsi sistem
wireless. Dan biasanya harganya lebih mahal jika dibandingkan dengan keyboard
biasa. Jenis-jenis keyboard di pasaran saat ini untuk informasi lebih detailnya
adalah: Serial, PS/2, USB dan wireless. Berikut adalah gambar untuk keyboard
2. Mouse
Mouse
berfungi untuk mengarahkan pointer pada layar monitor komputer. Dengan
keberadaan mouse maka akan membuat kita akan semakin untuk mengatur posisi
pointer sesuai dengan keinginan kita dengan cepat. Ciri-ciri sebuah mouse yang
bagus adalah memiliki sensitifitas yang amat tinggi dan tidak memerlukan
perawatan yang rumit dan
biasanya dimiliki oleh mouse optic dan wireless.
3. Joy
stick dan Game Paddle
Alat
ini biasa digunakan pada permainan (games) komputer. Joy Stick biasanya
berbentuk tongkat, sedangkan games paddle biasanya berbentuk kotak atau persegi
terbuat dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang akan mengatur gerak suatu
objek dalam komputer.
Pengguna game akan amat
membutuhkan perangkat ini, karena akan memudahkan mereka melakukan
manuver-manuver yang sulit dilakukan oleh penggunaan keyboard dan mouse. Jenis
joystick yang dapat digunakan pada komputer juga amat banyak, termasuk dengan
jenis khusus yang digunakan untuk game balap yang dilengkapi dengan roda kemudi
dan pedal.
4. Microphone
Unit
masukan ini berfungsi untuk merekam atau memasukkan suara yang akan disimpan
dalam memori komputer. Dengan mikropon, kita dapat merekam suara ataupun dapat
berbicara kepada orang yang kita inginkan pada saat chating.
5. Scanner
Scanner
adalah sebuah alat yang dapat berfungsi untuk meng-copy atau menyalin gambar
atau teks yang kemudian disimpan ke dalam memori komputer. Dari memori komputer
selanjutnya, disimpan dalam harddisk ataupun floppy disk. Fungsi scanner ini
mirip seperti mesin fotocopy, perbedaannya adalah mesin fotocopy hasilnya dapat
dilihat pada kertas sedangkan scanner hasilnya dapat ditampilkan melalui
monitor terlebih dahulu sehingga kita dapat melakukan perbaikan atau modifikasi
dan kemudian dapat disimpan kembali baik dalam bentuk file text maupun file
gambar. Selain scanner untuk gambar terdapat pula scan yang biasa digunakan
untuk mendeteksi lembar jawaban komputer.
6. Web
cam
Penggunaan
web camera mencakup video conferencing, internet dating, video messaging, home
monitoring, images sharing, video interview, video phone-call, dan banyak hal
lain. Kamera untuk video conference biasanya berbentuk kamera kecil yang
terhubung langsung dengan komputer.
7. Barcode
Barcode
termasuk dalam unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk
membaca suatu kode yang berbentuk kotak-kotak atau garis-garis tebal vertical
yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk
angka-angka.
Kode-kode ini biasanya menempel pada produk-produk makanan, minuman, alat
elektronik dan buku. Sekarang ini, setiap kasir di supermarket atau pasar
swalayan di Indonesia untuk mengidentifikasi produk yang dijualnya dengan
barcode.
Demikianlah perangkat – perangkat dari system input
yang dapat dipaparkan dan masih bnyak lagi alat inputan yang dapat menunjang
kinerja dari computer.
2.2
Perangkat Pada Sistem Proses
a. Pengertian
system proses
Peralatan
proses pada komputer adalah perangkat keras yang berfungsi untuk memproses dan
mengolah data yang diberikan oleh peralatan input kemudian di keluarkan dalam
bentuk informasi ke dalam peralatan output yang akan diterima oleh manusia.
b.
Perangkat proses pada computer
Peralatan proses terdiri dari beberapa
komponen perangkat keras komputer yang saling berhubungan satu sama lain.
Peralatan proses tersebut diantaranya:
1. Prosesor
Inilah sebenarnya yang
disebut sebagai CPU (Central Processing Unit). Yang memiliki fungsi sebagai
otak untuk memproses semua kinerja komputasi dalam sebuah PC. Produsen Processor didunia diantaranya adalah INTEL,
AMD, VIA dan IBM, AM2.
Jenis – jenis CPU dapat
berupa CPU mobile, CPU pada PC, CPU server. Berikut adalah beberapa jenis CPU
atau Prosesor yang dapat kita paparkan dalam bentuk table adalah sebagai
berikut:
a.
CPU
Desktop atau PC
No
|
Nama
|
Kelebihan
|
Kekurangan
|
Spesifikasi
|
1
|
Intel Core 2 Duo
|
-
Sangat mudah di overlock
-
Mempunyai chace yang cukup besar yaitu 4 Mb
-
Mempunyai clock speed 1,8 GHz sampai 3 GHz
-
Ringan dan tentunya performa cepat
|
-
Membutuhkan OS yang mampu mengoptimalkan kerjanya
-
Membutuhkan aplikasi yang sudah mendukung pengoptimalan prosesor ini.
|
-
Clock speed 2.80 GHz
-
64 bit support
-
FSB : 1066 MHz
-
L2 Cache : 3M Shared
-
Manufacturing Tech : 45 nm
-
Jumlah Core : 2
-
Series : Core 2 Duo
|
2
|
Intel Core i7
|
-
Intel Hyper Threading
-
Intel Turbo Boost
-
Intel Hd Graphics
|
-
harga jual yang lebih mahal
-
memerlukan spesifikasi hardware yang tinggi agar
menunjang kinerja core i7
|
-
Clock speed : 3:20 Ghz
-
Total Cache : 4.0 MB
-
Jumlah core : 2
-
TDP/DavaMaks : 28
-
Grafik : Intel Grafik 5100
-
VID voltage range, Min. 0.85V, Max. 1.225V
|
3
|
Intel celeron
|
-
memerlukan spesifikasi hardware yang tinggi agar menunjang kinerja
core i7
-
Hemat listrik karena beban pekerjaannya ringan
-
Harga lebih murah
|
-
Lebih lambat dibanding Dual Core series
-
Fitur yang lebih sedikit
-
Tidak cocok memainkan game berat meskipun processor 3.0 Ghz
|
-
Clock speed : 2.0 Ghz
-
Support 64 bit
-
L2 cache : 512 KB
-
Manufacturing Tech : 65 nm
-
Series : Celeron dual core
|
4
|
AMD Athlon
|
-
|
|
-
Operation 32 &64 bit
-
Base speed (MHz) : 2800
-
L1 cache Size (KB): 128
-
L2 cache Size (KB) : 1024
-
AMD Virtualization Technology
|
5
|
AMD Phenom
|
|
|
-
Clock speed : 3.2 GHz
-
Hyper Transport : 4000MHz
-
Input Voltage: 1,5 V
-
L1 cache : 512 KB
-
L2 cache : 2 MB
-
L3 cache : 6 MB
|
6
|
AMD Sempron
|
|
|
-
Operating Mode 32 Bit & 64 Bit support
-
Core speed (MHz) : 2.8 Ghz
-
L1 cache size (KB) : 128
-
L2 cache size (KB) : 1024
|
b.
CPU
Server
No
|
Nama
|
Kelebihan
|
Kekurangan
|
Spesifikasi
|
1
|
Intel Pentium II Xeon
|
|
|
-
Frequensi dasar prosesor : 450 Mhz
-
Kecepatan Front Side Bus : 100 Mhz
-
L2 cache : 2 MB
-
Operation mode : 32 bit
|
2
|
Intel Pentium III Xeon
|
-
Dapat mempercepat pengolahan informasi dari system bus ke processor
|
|
-
Frequensi dasar prosesor : 933 Mhz
-
Kecepatan FSB : 100 Mhz
-
L2 cache : 256 KB
-
Operation mode : 32 bit
-
Jumlah core : 1
|
3
|
AMD Athlon MP 1800+
|
|
|
-
Frequensi : 1800+ (rated) / 1533 Mhz (real)
-
Jumlah core : 1
-
L1 cache : 64 kb intruksi cache & 64 kb data cache
-
L2 cache : 256 kb
-
Bus speed : 266 Mhz
|
4
|
AMD Opteron 6274
|
|
|
-
Frequensi : 2200 Mhz
-
Jumlah core : 16
-
Bus speed : 3200 Mhz
-
L1 Cache:
a. 8 x 64 Kb 2-way associative shared instruction cache
b. 16 x 16 Kb 4-way associative data cache
-
L2 Cache: 8 x 2 Mb 16-way associative shared
exclusive cache
-
L3 Cache: 2 x 8 Mb up to 64-way associative shared
cache
|
c.
CPU
Mobile
No
|
Nama
|
Kelebihan
|
Kekurangan
|
Spesifikasi
|
1
|
Exynos 3 Single
|
|
|
-
Frequensi : 1.0 – 1.2 Ghz
-
Jumlah core : 1
-
Memory teknologi : 32 bit dual chanel
|
2
|
Exynos 3 Quad
|
|
|
-
Frequensi : 1.4 Ghz
-
Jumlah core : 4
-
Memory technology : 32 bit dual chanel LPDDR3
|
3
|
Intel atom z2520
|
|
|
-
Nomor prosesor z2520
-
Cache : 1 mb
-
Frekuensi dasar prosesor : 1.2 Ghz
-
Ukuran memory maksimal : 2 GB
-
Ekstensi alamat fisik : 32-bit
-
Frekuensi dasar grafik : 300 Mhz
-
Soket yang di dukung : FC-MB4760
|
4
|
NVIDIA Tegra 4i
|
-
Visualisasi dengan konsumsi daya yang tidak besar
-
Lebih hemat energy
-
Prosesor mobile memiliki performa yang lebih tinggi
|
|
-
60 GPU core
-
CPU core : R4 Cortex-A9
-
Prosesor quad-core 2.3 Ghz
|
5
|
MEDIATEK MT6592
|
-
Chipset ini support dengan kamera berkekuatan 16MP
-
Memiliki Teknologi clearmotion sehingga mampu mengkonversi video
24/30fps up to 60fps
|
|
-
Kecepatan : 2 Ghz
-
|
2. Memory/
RAM
Random Access Memory (RAM) adalah sebuah tipe
penyimpanan komputer yang isinya dapat diakses
dalam waktu yang tetap tidak memperdulikan letak data tersebut dalam memori.
Ini berlawanan dengan alat memori urut, seperti CD dan
Hardisk, di mana gerakan mekanikal dari media
penyimpanan memaksa komputer untuk mengakses data secara berurutan. Biasanya RAM dapat ditulis dan dibaca, berlawanan
dengan memori yang hanya bisa baca saja (read-only memory, ROM), RAM biasanya digunakan untuk penyimpanan
primer (memori utama) dalam
komputer untuk digunakan dan mengubah informasi secara aktif, meskipun beberapa
alat menggunakan beberapa jenis RAM untuk menyediakan
penyimpanan sekunder jangka panjang.
2.3 Perangkat
pada Output
a. Pengertian
output
Output
adalah data yang telah diproses menjadi bentuk yang dapat digunakan. Artinya
komputer memproses data-data yang diinputkan menjadi sebuah informasi.
b. Komponen
output
Yang disebut
sebagai perangkat output adalah semua komponen piranti keras yang menyampaikan
informasi kepada orang-orang yang menggunakannya.
Output bentuk pertama
sifatnya adalah permanen dan lebih portable (dapat dilepas dari alat outputnya
dan dapat dibawa ke mana-mana). Alat yang umum digunakan untuk ini adalah
printer, dan alat microfilm. Sedangkan output bentuk kedua dapat berupa video
display, flat panel, dan speaker
dan lain – lain.
Macam – macam peralatan
output, yaitu:
1.
Monitor
Adalah
salah satu jenis soft-copy device, karena keluarannya adalah berupa signal
elektronik, dalam hal ini berupa gambar yang tampil di layar monitor. Gambar
yang tampil adalah hasil pemrosesan data ataupun informasi masukan. Monitor
memiliki berbagai ukuran layar seperti layaknya sebuah televisi. Tiap merek dan
ukuran monitor memiliki tingkat resolusi yang berbeda. Resolusi ini lah yang
akan menentukan ketajaman gambar yang dapat ditampilkan pada layar monitor.
Jenis-jenis monitor saat ini sudah sangat beragam, mulai dari bentuk yang besar
dengan layar cembung, sampai dengan bentuk yang tipis dengan layar datar
(flat). Alat ini berfungsi untuk melihat hasil / perintah yang diberikan pada
komputer.
2.
Printer
Printer merupakan
sebuah alat keluaran yang menghasilkan suatu gambaran data tetap berupa
cetakan.Printer adalah jenis hard-copy device, karena keluaran hasil proses
dicetak di atas kertas.
3.
Speaker
Speaker
akan memberikan informasi dalam bentuk suara. Apabila Anda mendengarkan lagu
melalui komputer yang terhubung Internet dan terhubung pada saluran pemancar
radion online, maka unit keluaran yang diperlukan adalah speaker.
Didalam sebuah sistem
car audio pastinya terdiri dari berbagai perangkat, dan yang paling umum adalah
head unit dan speaker. Speaker berfungsi untuk mengeluarkan yang berasal dari
head unit dalam sistem car audio. Speaker itu sendiri adalah suatu alat
electromechanical transducel yang merubah energi listrik menjadi mekanik hingga
menjadi sebuah energi bunyi (suara).
4.
Headset/ Headphone
Headphone
berfungsi sama seperti speaker yaitu mengeluarkan Suara namun dalam kapasita lebih
kecil Di bandingkan dengan speaker.
5.
LCD Proyektor
Infocus
hampir sama dengan monitor. Fungsinya adalah untuk menampilkan gambar/visual
hasil pemrosesan data. Hanya saja, infocus memerlukan obyek lain sebagai media
penerima pancaran singnal-signal gambar yang dipancarkan. Media penerima
tersebut sebaiknya memiliki permukaan datar dan berwarna putih (terang).
Biasanya yang digunakan adalah dinding putih, whiteboard, ataupun kain/layar
putih yang dibentangkan.
3. Komponen
Software
Software pada computer
terdiri dari :
a.
Sistem
operasi
Sistem operasi adalah software yang berfungsi
mengaktifkan seluruh perangkat yang terpasang pada komputer sehinga dapat
saling berinteraksi. Tanpa sistem operasi, komputer tidak dapat berfungsi sama
sekali. Contoh: DOS, Unix, Linux, Novell, OS/2, Windows, Mac OS, dll.
b.
Program utility
Program utility adalah software yang berfungsi untuk mengisi
kekurangan dari sistem operasi. Contoh: Norton utility, Scandisk, PC Tools,
dll.
c. Program Apllikasi
Program aplikasi adalah program yang hanya melakukan pekerjaan
tertentu. Biasanya program aplikasi dibuat oleh seorang programmer sesuai
permintaan dan kebutuhan seseorang atau lembaga atau perusahaan untuk keperluan
intern.
d.
Program Paket
Program paket adalah program yang disusun sedemikian rupa sehingga
dapat digunakan oleh banyak orang untuk berbagai kepentingan. Contoh: Microsoft
Office, Adobe Photoshop, Macromedia Studio, Open Office, dll.
e. Bahasa Pemrograman
Adalah software khusus yang digunakan untuk membuat program
komputer, seperti sistem operasi, program paket, program aplikasi, dll. Bahasa
pemrograman dibagi menjadi tiga tingkat:
-
Low Level Language
Bahasa pemrograman ini sangat sulit dimengerti karena instruksinya
menggunakan bahasa mesin.
-
Middle Level Language
Bahasa
pemrograman tingkat menengah ini instruksinya sudah mendakati bahasa
sehari-hari, tapi masih sulit untuk dimengerti. Contoh: Assembler, ForTran.
-
High Level Language
Bahasa pemrograman tingkat
tinggi menggunakan bahasa sehari-hari sehingga mudah dimengerti. Contoh: BASIC,
Pascal, C, dll.
BAB III
PENUTUP
1. Kesimpulan
a.
Perangkat computer terdiri dari input, proses,
dan output.
b.
Computer
merupakan alat pengolahan data yang menerima input, memproses inputan,
menyimpan, dan memberikan outputan berupa informasi yang bergna bagi
pemakainya.
2. Saran
Melihat begitu
pesat dan canggihnya perkembangan input dan output device komputer, kami
mengajak kita semua agar pandai – pandai memilih suatu peralatan komputer.
Karena dari perkembangan alat – alat tersebut itu tentu juga dibarengi oleh
mahalnya peralatan tersebut. Pada dasarnya peralatan – peralatan tersebut
memiliki fungsi yang sama dan semua memiliki kelebihan serta kekurangan masing
– masing. Jadi dalam memilih atau membeli peralatan sebaiknya sesuaikan dengan
kebutuhan dan kemampuan kita masing – masing.
0 komentar:
Posting Komentar